Grafologi Pengetahuan Analisis Tulisan Tangan

Grafologi berasal dari bahasa Inggris "Graphology" atau disebut juga "Handwriting Analysis". Secara defenisi grafologi adalah sebuah ilmu pengetahuan khusus untuk menilai bukan hanya kepribadian, tetapi juga karakter dan kecendrungan perilaku seseorang melalui tulisan tangan. Grafologi juga diartikan ilmu yang didasarkan pada hubungan antara pikiran bawah sadar seseorang dan tulisan tangan sebagai dua jalan yang saling berhubungan. Hubungan tersebut menghasilkan tulisan tangan yang merefleksikan pikiran bawah sadar seseorang. 

Grafologi juga merupakan alat tes multi bahasa karena tidak menganalisis isi dari tulisan sehangga penggunaannya sangat luas untuk menentukan karakter, seperti kejujuran, kestabilan emosi, kemungkinan bertindak kasar, dan tingkat emosi. Yang dipelajari dalam ilmu grafologi adalah pola-pola tulisan serta tarikan otot-otot saraf halus yang akhirnya membentuk tulisan tersebut, yang ternyata pola-pola dan bentuk-bentuk huruf tertentu itu mempunyai korelasi. Keakuratan analisis grafologi di atas 90 person. Dalam dunai akademik biasanya dimasukan kedalam bagian dari ilmu psikologi.

Berbeda dengan tes-tes psikologi yang ada, ilmu ini tidak akan menjadi kuno karena tidak menggunakan pertanyaan tes yang selalu diperbaharui dan tidak mendiskrimisasi hal yang berhubungan dengan kebudayaan karena tidak membeda ras, kebudayaan, dan gender untuk menentukan kepandaian dan kepribadian. Oleh sebab itu hasil analisis cendrung objektif, tidak deskriminatis, dan tidak bias.