Manfaat Ilmu Grafologi Dalam Kehidupan

Grafologi (tulisan tangan) dalam kehidupan sehari-hari dapat digunakan dalam banyak hal. Grafologi dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan dan pekerjaan. Berikut ini ada beberapa contoh manfaat grafologi dalam kehidupan sehari-hari:
  • Grafologi untuk berkomunikasi, maksudnya adalah ketika kita mengenali watak dan karakter asli dari lawan berbicara kita, maka kamunikasi yang terjadi akan lebih efektif dan kita bisa
    lebih mengatur strategi bagaimana berbicara dengan lawan berbiacara kita. Misalnya jika lawan berbicara kita mempunyai huruf yang besar, maka pujilah dia, karena pujian verbal akan sangat berharga untuknya.
  • Grafologi  dalam penempatan pegawai juga sangat membantu. Bagaimana caranya? Melalui analisis tulisan tangan pegawai tersebut, kita akan lebih mudah menganalisis pola kerja hingga emosinya dalam pekerjaan. Misalnya, pengusaha tidak akan mempekerjakan orang pembosan, apalagi memiliki hobi berbohong. Grafologi dalam pekerjaan juga bisa berfungsi dalam penempatan bagian dan pembentukan tim dengan melihat kecocokan antar individu melalui tingkat kecocokan.
  • Grafologi dalam kepolisian, dapat mengungkapkan kebohongan atau sebuah kasus. Ekpresi dan ungkapan kata-kata seseorang dapat berbohong, namun  dengan menganalisa tulisan saat tersebut akan sangat membantu, karena menulis merupupakan alam bawah sadar yang tidak dapat berbohong. Maka grafologi mampu membantu mengungkap kasus yang ditangani polisi.
  • Grafologi dalam bidang pendidikan, yaitu untuk mengetahui karakter, sifat, minat dan bakat anak-anak sejak awal agar mereka dapat belajar dengan lebih mudah. 

Sumber: 
Menguak Rahasia Tulisan Tangan, Achsinlina, Puspa Populer, 2009