Tulisan Tangan Ciri Khas Individu

Menurut Sir William Herschel, tulisan tangan mencerminkan kepribadian, seperti sidik jari membuka identitas seseorang. Beberapa analisis tulisan tangan menganggap grafologi sebagai ilmu masa depan dan menggambarkan tulisan tangan adalah film yang merekam sensibilitas penulisnya. Tulisan tangan sangat personal dan gambar ciri khas kepribadian setiap individu. Tulisan tangan adalah ciri khas privat atau segel yang tidak dapat ditiru orang lain secara persis.

Hasil cetakan yang ditinggalkan tulisan tangan mendeskripsikan karakter setiap individu dalam telaah atau analisis secara psikologis. Ahli grafologi, dengan menggunakan teknik-teknik grafologi dan kombinasi teori psikologi, akan mampu mengurai hasil analisis tersebut dan mengartikan tulisan tangan seseorang ke dalam sutau deskripsi bermakna mengenai karakter orang tersebut. 

Tulisan tangan merupakan tulisan otak manusia karena ketika menulis, kita menuangkan apa yang ada dalam pikiran kia. Sehingga tulisan tangan merupakan gambaran dari setipa individu. Kepribadian secara sadar menentukan apa yang anda tulis dan alam bawah sadar mengontrol bagaimana cara kita menulis. Tulisan tangan seseorang merupakan cerminan jujur dari apa yang ada di dalam benak individu tersebut. Meski menulis adalah sebuah kegiatan yang tampaknya dikendalikan oleh pikiran sadar seseorang, tetapi pikiran bawah sadar seseorang lebih berpengaruh pada gaya, bentuk, dan karakter-karakter lain di dalam tulisan. Semua hal tentang seseorang terpapar dengan jujur dan gamblang melalui tulisan tangannya. 

Lebih dari itu, tulisan tangan seseorang ternyata seperti sidik jari. Setiap orang mempunyai gaya dan tipe tulisan sendiri. Tidak ada orang yang memiliki tulisan tangan identik dengan orang lain. Gaya menulisnyapun dapat diamati, apakah tulisannya miring ke kiri atau kekanan, tebal atau tipis, tertekan atau ringan yang nantinya juga mengahsilkan tafsiran tersendiri terhadap kepribadian orang tersebut.